Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Tabel 5.5 Halaman 133 Bab 5

 Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk Kelas 10 halaman 133 Pembahasan kali ini kita akan bahas Tabel 5.5 Tabel Isian Struktur Teks Biografi R.A. Kartini yang ada pada buku paket Bahasa Indonesia Halaman 133 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 5 Memetik Keteladanan dari Biografi Pahlawan ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Tabel 5.5 Bab 5 Hal 133 Bahasa Indonesia Kls 10


Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Tabel 5.5 Halaman 133 Bab 5

Tabel 5.5 Tabel Isian Struktur Teks Biografi R.A. Kartini

Soal
Untuk menambah pemahaman kalian, silakan baca dengan saksama biografi R.A. Kartini. Telaah strukturnya sesuai dengan struktur teks biografi, yaitu orientasi, masalah/peristiwa penting, dan reorientasi. Diskusikan dengan teman-teman sekelompok, lalu presentasikan di depan kelas.



Silakan telah struktur teks biografi di atas sesuai isian tabel berikut.





Kunci Jawaban

I. Struktur teks : Orientasi

Paragraf : 1 - 2

Alasan : Berisi pengenalan R.A Kartini secara umum, seperti nama, tempat dan tanggal lahir, latar belakang keluarga, serta riwayat pendidikan.


2. Struktur teks : Permasalahan atau peristiwa penting

Paragraf : 3 - 7

Alasan : Berisi permasalahan hidup atau kejadian penting/ peristiwa yang pernah dialami oleh R.A Kartini , seperti beliau mendirikan sekolah bagi gadis–gadis di Jepara, Selain pendidikan, Kartini juga menaruh perhatian pada masalah sosial yang terjadi. Menurutnya, seorang wanita perlu memperoleh persamaan, kebebasan, otonomi serta kesetaraan hukum. Tidak ada sebuah diskriminasi jenis kelamin.


3. Struktur teks : Reorientasi

Paragraf : 8

Alasan : Tahap ini adalah bagian penutup atau simpulan. Berisi mengenai pandangan dan pemikiran penulis terhadap sosok R.A Karini


Comments

Archive

Contact Form

Send